Monday, June 23, 2014

viper4android buat musicmu lbh cadas

Saya mau share Viper4Android nih, bikin dengerin musik jadi (jauh) lebih mantep.  :

Pertama" :
        Sebenernya ini app aman banget kalo prosedur install-nya dijalanin dengan benar, orang dia ga ada replace file, apalagi delete.
Tapi tetap saya tegaskan : DWYOR (DO WITH YOUR OWN RISK)

Saya tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang terjadi pada HH anda, baik itu Brick, Bootloop, Kebakar, Bengkok, Meledak, Berubah, Terbang, atau apapun itu...

Langkah" :

I. Pastikan udah Rooted ya...
II. Ada baiknya update versi BusyBox dulu...

1. Download bahannya di
    http://adf.ly/poquh
    (Jangan tanya di bagian mananya, di cari aja di sono, demi menghormati kerja
    keras developer soalnya) ambil yang versi FX, soalnya saya dari dulu pake versi
    ini. Kalo mau versi XHIFI silahkan aja, tapi eksperimen sendiri :D

2. Extract dan copy ViPER4Android_FX.apk ke "/system/app/*sini nih*
    (Bisa pake root explorer, Es file explorer, atau kayak saya, pake FX)

3. Set permission jadi rw-r-r (644). Reboot.
    (Sekali lagi, pake file manager yang punya kapabilitas root access)

4. Jalanin Viper4Android, ntar ada minta akses Root, kasih dah, allow.

5. Ntar ada minta update driver, ok-in, terus pilih CortexA9/15 with NEON, kalo 
    udah beres, reboot lagi.

6. Buka Viper4Android lagi. buka menu, FX Compatible Mode set ke Normal Mode,
    terus buka player andalan ente, enable musicfx-nya, kalo di player bawaan
    enable equalizernya.

7. Nah bagian paling asik nih, seting. Sebenernya sih ente bisa eksperimen
    sendiri di bagian ini, soalnya selera saya belum tentu sama sama selera ente"
    sekalian. Kalo ga mau repot, ya ambil settingan saya di bagian IRS di bawah...

8. Rasakan perbedaannya , mati-idupin tuh master power kalo mau tau
    bedanya...

Contour/Reverbration/Impulse Response Sample :

Ini fungsinya buat meng-emulasi karakteristik suara dari suatu device/software. Sebagai contoh, saya pake punya HTC One X BeatsAudio.
Menurut saya sih pemilihan irs ini yang paling ngaruh ke kualitas suara, tapi sekali lagi, selera tiap orang beda, jadi download & test aja tuh 1-1... :D

- Download : Masih di link xda-dev di atas, ada di bagian "Download Impulse Response Samples (for Convolver)"
Kalo nggak ketemu, ya di
http://forum.xda-developers.com/showthread.php?t=2216193

- Lokasi penempatan : "sdcard\ViPER4Android\Kernel\"
Baru pilih di ViPER4Android-nya, di bagian impulse response.

Tambahan :
Saya kasih nih IRS pack + settingan , tinggal extract ke sdcard/ViPER4Android/
http://adf.ly/poqpE
Di dalamnya ada banyak IRS, contohnya IRS samsul, oppo, lenovo, dolby, audio technica, bahkan huawei :D
Total sekitar 290 IRS, semuanya cuma 25mb :D
Ada juga settingan V4A saya di dalamnya, tinggal load effect profile aja
Extract ke /sdcard/ViPER4Android/

Tested on my own Max V, using default Music Player & PowerAmp

Notes :
- APK player tambahan (winamp/poweramp/rocket player/lainnya) mesti di install di memori hp, kalo nggak ViPER4Android-nya ga fungsi..
- Tambahin V4A ke exception list memory manager, biar ga kebunuh pas cleanup

Credits :
- xda-dev "ViPER520" (buat ViPER4Android-nya)
- xda-dev "zhuhang" (buat translate bahasa planet>englishnya :D )
- KASKUS "silookman" (buat ULTRASOUND-nya, yang pada akhirnya gagal
  saya terapin dan memotivasi saya buat eksperimen pake
  ViPER4Android)
- KASKUS "andromaxv" yang sudah membuat trit buat para pengguna
   Max V
- KASKUS "Dutz14" yang tidak lain dan tidak bukan adalah saya sendiri
  Ini tutorial hasil Co-Pas-Ed dari postingan ane di KASKUS

Ayo di tes, bisa bagi" setting juga buat yang hobi otak-atik audio.... :D

Copyright © Blog Kita Bersama | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com